Nutrisi Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Nutrisi Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi,- Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Berbagai faktor penyebab timbulnya tekanan darah tinggi salah satunya pola hidup  yang tak sehat seperti konsumsi alkohol, makanan yang berlemak tinggi, konsumsi yang berlebihan atas garam, dan kurang mengonsumsi makanan yang berserat serta diet yang tidak seimbang. Dengan demikian, mengontrol diet dan perubahan gaya hidup sangat penting dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Simak nutrisi untuk mencegah tekanan darah tinggi, dilansir health me up.

Nutrisi Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

1).Kalium

Banyak penelitian mendukung fakta bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung kalium secara teratur dapat membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Sumber kalium yang baik adalah buah-buahan dan sayuran seperti kentang, bayam, tomat, pisang, jeruk dan lain-lain.

2).Kalsium

Kalsium diperlukan untuk kontraksi dan relaksasi oto-otot jantung, sehingga menjadikannya sebagai nutrisi penting untuk memerangi tekanan darah tinggi/hipertensi. Sumber kalsium yang baik diantaranya susu rendah lemak, yogurt, sayuran berdaun hijau, almond, biji wijen, dan tahu.

3).Serat

Mengonsumsi tujuh gram serat perhari dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan saat jantung berdenyut atau berdetak) sebanyak 5 poin. Sereal, kacang-kacangan, buah dna syuran berkontribusi terhadap peningkatan asupan serat.

4).Omega-3

Omega-3 dapat membantu mengurangi kolesterol, mengencerkan darah yang terlalu kental, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Ikan, minyak mustard, kenari, gandum dan kedelai meruupakan sumber omega-3 yang baik.

5).Magnesium

Magnesium mampu membuat arteri lebih rileks. Penelitian selama 4 tahun terhadap 30000 pria menunjukan, mereka yang mengonsumsi magnesium dalam menu diet memiliki tekanan darah lebih rendah dibanding kelompok lainnya. Sumber magnesium yang baik seperti kacang-kacangan, biji-bijian, roti gandum dan tahu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar