Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami,- Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang sering ditemui dikalangan masyarakat. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor keturunan, faktor usia, stress berkepanjangan, mengonsumsi garam yang berlebih, faktor obesitas, dan jarang berolahraga.

Beberapa solusi untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yaitu dengan membiasakan pola hidup yang sehat, olahraga secara rutin, hindari merokok, hindari mengonsumsi minuman yang beralkohol, perbanyak konsumsi buah dan sayur seperti jeruk, apel, pisang, bayam, brokoli, buncis, kacang panjang dan sebagainya. Simak beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

1).Batasi makanan tinggi garam

Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri. Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan dan makanan instan.

2).Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran

Jenis buah-buahan dan sayuran yang sangat direkomendasikan bagi penderita tekanan darah tinggi adalah jeruk, apel, pisang, bayam, brokoli, buncis, kacang panjang patut ada pada setiap daftar menu harian anda. Perlu anda tahu, pisang mengandung kalium yang merupakan mineral penting untuk mengontrol keseimbangan cairan didalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

3).Mengonsumsi yogurt

Para ilmuwan menemukan bahwa yogurt kaya akan kalsium mampu membuat pembuluh darah lebih lentur. Hal ini akan bermanfaat untuk sirkulasi darah didalam tubuh.

4).Hindari merokok

Nikotin yang terkandung didalam rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung anda berdetak lebih cepat dan membuatnya bekerja keras.

5).Kurangi konsumsi kafein atau bahkan hindari kafein

Peneliti dari Duke University Medical Center, Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi kafein sebanyak 500 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi.

6).Kurangi kerja lembur

Dibandingkan dengan mereka yang memiliki jadwal kerja teratur, para pekerja yang bekerja lembur berpotensi untuk terkena tekanan darah tinggi hingga 29%. Kerja lembur akan membuat anda sulit mempunyai waktu untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

7).Hindari mendengkur saat tidur

Mendengkur saat tidur adalah salah satu gejala sleeping apnea, dan sleeping apnea ini merupakan pemicu munculnya tekanan darah tinggi.

8).Turunkan berat badan

Berat badan yang berlebih turut menyumbang naiknya tekanan darah. Kelebihan berat badan akan membuat jantung bekerja keras dalam memompa sarah ke seluruh tubuh.

9).Olahraga secara rutin

Olahraga ringan seperti jogging membawa banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan penyerapan oksigen dan menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara memperkuat jantung anda.

Demikian artikel pada kali ini tentang tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, semoga dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan. Kami ucapkan terimakasih telah mengunjungi blo kami obat tekanan darah tinggi.

sumber : ( www.merdeka.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar